TENTANG FESTIVAL

XXI Short Film Festival merupakan ajang festival film pendek terbesar tingkat nasional yang digelar oleh CINEMA 21. Sebagai jaringan bioskop terbesar di Indonesia, CINEMA 21 menggelar acara XXI Short Film Festival untuk mencari bakat-bakat muda dalam film Indonesia yang akan menjadi kekuatan dunia perfilman di masa mendatang.

 

Selain itu, festival ini juga digelar sebagai bentuk kepedulian CINEMA 21 terhadap perkembangan film Indonesia yang berbasis komunitas di seluruh Indonesia. Acara XXI Short Film Festival pertama kali diselenggarakan pada 21-24 Maret 2013 di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta. Tahun 2014, XXI Short Film Festival digelar untuk kedua kalinya pada tanggal 13-16 Maret 2014 di tempat yang sama. Untuk tahun 2015 nanti, XXI Short Film Festival akan digelar pada tanggal 19-22 Maret 2015.

 

Program unggulan dalam XXI Short Film Festival adalah program kompetisi film pendek tingkat nasional, yang terdiri dari tiga kategori, yaitu:

1. Kompetisi Film Pendek Fiksi Naratif
2. Kompetisi Film Pendek Animasi
3. Kompetisi Film Pendek Dokumenter

 

Seluruh finalis ini akan berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan yang terdiri dari:

a. Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik
b. Film Pendek Animasi Terbaik
c. Film Pendek Dokumenter Terbaik
d. Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media (Media Choice Award)
e. Film Pendek Animasi Pilihan Media (Media Choice Award)
f. Film Pendek Dokumenter Pilihan Media (Media Choice Award)
g. Film Pendek Pilihan Versi IMPAS (Indonesian Motion Picture Association)
h. Film Pendek Favorit Pilihan Penonton

 

Selain itu, seluruh film pemenang akan diputar dalam program khusus kompilasi pemenang 21 Short di layar bioskop CINEMA 21 seusai festival. Di tahun kedua, XXI Short Film Festival untuk pertama kalinya mengadakan Short Film Pitching Forum, yang merupakan kesempatan bagi pembuat film amatir untuk mempresentasikan ide film pendek mereka kepada produser dan CINEMA 21 yang nantinya akan mendanai pembuatan film pendek mereka.

 

Tiga ide cerita film pendek sudah terpilih mendapatkan bantuan dana produksi dan saat ini sedang melakukan produksi filmnya masing-masing, nantinya hasil akhir ketiga film pendek ini akan ditayangkan pertama kali di XXI Short Film Festival tahun 2015. Untuk tahun 2015 pada pelaksanaan yang ketiga dari festival ini, akan dilakukan Short Film Pitching Forum yang kedua.